Cara Cek dan Mengatasi Hardisk Bad Sector

Cara mengatasi hardisk bad sector dengan mudah - Hard Disk Bad Sector adalah kondisi dimana terdapat bagian dari hard disk yang tidak bisa digunakan oleh sistem karena sebuah kerusakan atau kegagalan OS dalam mengaksesnya. Kerusakan hard disk ini bisa sangat merugikan, karena komputer kamu menjadi lambat.


Bagaimana Cara Mengetahui HDD yang terkena Bad Sector.

Untuk mengethaui HDD kita mengalami bad sector atau tidak. Terdapat cara untuk mengeceknya. Kamu tidak perlu software tambahan, karena fitur untuk mengecek bad sector sudah disediakan oleh windows. Tutorialnya sebagai berikut.

Pertama, buka cmd dengan cara Klik start > All Programs > Accessories > Kemudian pilih Command Promt klik kanan dan pilih ‘Run As Administrator’. Untuk pengguna windows 10 silahkan lihat gambar dibawah ini.

Setelah CMD terbuka, ketikan chkdsk, kemudian tekan enter. Cara ini untuk mengecek pada driver C: karena letak system itu berada di C: sehingga sangat berisiko jika bad sector terjadi pada driver C. Secara otomatis system akan mulai mendiagnosa hdd kalian, tunggu saja prosesnya hingga selesai. Jika selesai akan muncul gambar seperti dibawah ini.

Dari gambar diatas kita bisa mengetahui.

  1. Total Disk Space, menunjukan kapasitas maksimum harddisk.
  2. n Files, menyatakan n/jumlah file yang berada dalam satu driver.
  3. Bad sector, menunjukan berapa banyak jumlah bytes yang mengalami bad sector, jika jumlahnya 0 maka selamat !! HDD anda aman-aman saja. Namun jika lebih dari 0 misalnya jumlahnya adalah 7 kb, berarti hdd kalian sudah mengalami bad sector, jika seperti ini sebaiknya lebih hati-hati.
  4. Availabe, menyatakan jumlah kapasitas hardisk yang masih bisa digunakan untuk menyimpan data.

Jenis-jenis Bad Sector

Ada 2 jenis hard disk bad sector, yaitu Hard Bad Sector dan Soft Bad Sector, atau kadang disebut juga Physical Bad Sector dan Logical Bad Sector.

Hard bad sector/ Physical Bad Sector

Kerusakan ini tidak bisa diperbaiki karena terdapat kerusakan pada bentuk fisik hardisk tersebut, hard bad sector biasanya disebabkan oleh 'Head crash', yaitu kondisi dimana head pada hardisk terjadi kontak terhadap platter yang menyebabkan kerusakan permanen pada hardisk. Physical Bad Sector juga bisa disebabkan cacat produksi, dimana kondisi fisik hard disk memang sudah memiliki kerusakan ketika diproduksi dan dijual ke pasar. Karena tidak bisa diperbaiki, maka sangat disarankan untuk membeli hard disk baru apabila kamu mengalami physical bad sector, atau mengurus garansinya jika masih berlaku.

Soft Bad Sector/ Logical Bad Sector

Berbeda dengan hard bad sector, soft bad sector bisa diperbaiki dengan menggunakan software bawaan dari windows, yaitu 'Chkdsk'. Caranya adalah :

Buka windows explorer atau tekan windows + e. Kemduian, Klik kanan pada disk yang akan dicek lalu pilih properties.

Buka tab tools, lalu pada bagian error checking pilih ‘Check Now’. Tunggu hingga prosesnya selesai hingga komputer kamu direstart.

Proses pengecekan dan fix tersebut sangat lama, oleh karena itu saya rekomendasikan untuk melakukannya saat komputer tida digunakan.

Cara Mencegah Bad Sector

Terdapat beberapa cara untuk mencegah dari HDD bad sector, antara lain adalah :

  1. Pastikan suhu komputer kamu tetap dingin dan bersihkan dari debu-debu yang menempel.
  2. Matikan komputer dengan proses yang benar.
  3. Gunakan PSU berkualitas untuk menjaga arus-arus yang tidak diinginkan dari PLN.
  4. Hindari goncangan-goncangan pada komputer ataupun laptop untuk mencegah head crash.
  5. Gunakan antivirus yang selalu update untuk melindungi komputer dari serangan malware.
  6. Gunakan software disk defragmenter untuk mencegah terjadinya bad sector.

Nah, itulah beberapa tips untuk memperbaiki dan mencegah hardisk bad sector, jika masih ada yang belum dimengerti langsung saja tanyakan di komentar ^_^.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cek dan Mengatasi Hardisk Bad Sector"

Post a Comment