Cara Melakukan Defragment Disk pada Windows tanpa Software

Cara Melakukan Defragment Disk pada Windows tanpa Software - Disk defragmenter adalah suatu program yang berinduk pada sistem operasi komputer (OS) yang berguna untuk menyusun kembali file-file yg diperbaharui atau yang telah di install baik secara sengaja mahupun tidak sengaja. Jika anda membuka file apa pun itu maka secara automatik windows akan bekerja atau mengambil ruang secara automatik dalam penempatan space atau bagian partition dalam hardisk. Itu adalah pengertian defragment, kemudian apa fungsi dari defragment ?


Fungsi Disk Defragmenter

Defragmenter mempunyai fungsi untuk menjaga kestabilan PC dan keadaan hardisk kerana defragmenter mampu mengelakkan / men fix kan boot sector dalam hardisk ataupun error program, jadi windows yang kita pakai sekarang ini sangat baik terhadap penggunanya dengan tools-tools yg berguna dalam menjaga hardware.

Windows tidak dapat menguruskan kembali file-file secara automatik (tanpa bantuan defragmenter) file yang telah di delete, di copy maupun dibuka. Maka dengan itu windows menyediakan recent documents (open file history) dan system restore point untuk mengulangi jika dalam proses defragmenting tidak dapat ditata kembali.

Disk defragmenter merupakan salah satu tools pembawaan windows, anda dapat menggunakannya untuk mengatur file-file di hardisk anda. Biasanya file-file di hardisk kita tidak beraturan mungkin kerana pengaruh sering instal program yg tidak selalu di guna, menutup aplikasi secara tidak normal (hang), copy dan menghapus atau memindahkan file, dan berbagai aktiviti managemen file lain. Oleh kerana file tersebut jika di andaikan lembaran-lembaran kertas, maka sebagian merupakan filel – file atau kertas kerja anda dirumah jika tidak di kemas selama 1 tahun atau jika tidak diatur ia akan berselerak di dalam almari atau meja anda. Demikian pula windows akan mengatur file sistem, file aplikasi, dan file data ke dalam lokasi-lokasi tertentu di dalam hardisk sehingga memudahkan windows mencari file-file yang diperlukan.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan share bagaimana cara mendefrag disk kita, tanpa software.

Cara Melakukan Defragment Disk pada Windows tanpa Software.


#Pertama klik kanan pada disk , pilih Properties.

#Kedua, pilih pada tab tools, lalu pilih defragment now.

#Setelah itu pilih salah satu disk yang akan di defrag, lalu pilih analyze disk.

#Tunggu sebentar, lalu akan muncul menu seperti dibawah ini. Setelah terlihat berapa persen disk kita yang mengalaim defragment, pilih defragment disk dan tunggu prosesnya.

Sebenarnya terdapat banyak seklai software defragmenter, namun untuk apa software jika windows saja sudah menyediakan fiturnya, sekian dari saya. Jika ada yang kurang dipahami langsung saja ditanyakan di kolom komentar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Melakukan Defragment Disk pada Windows tanpa Software"

Post a Comment