Cara Melakukan System Restore Pada Windows 7

Cara Melakukan System Restore - System Restore adalah fitur di windows untuk mengembalikan sistem ke titik tertentu atau bisa juga disebut melakukan semacam "undo" terhadap sistem komputer tanpa mempengaruhi file-file personal. 

System Restore dapat dilakukan apabila komputer mengalami masalah, bisa saja karena error, virus, BSoD dan lain-lain. Dengan melakukan system restore, maka peraturan pada windows akan diulang kembali sesuai dengan waktu yang ditentukan. System restore hanya mengubah setting pada windows, dan file-file yang ada tetap tersimpan.

Cara melakukan system restore sangat mudah, berikut adalah tutorialnya.

Tutorial System Restore Pada Windows 7

Pertama, klik start lalu ketikan System Restore pada search bar dan tekan Enter.

Kedua, System Restore akan terbuka, selanjutnya klik Next.  Terdapat beberapa pilihan, pilihan pertama adalah melakukan restore secara otomatis atau restore dengan tanggal tertentu sesuai dengan yang sobat inginkan. Kali ini, kita akan mencoba restore sesuai dengan tanggal yang kita inginkan. Pilih Choose a different restore point lalu klik Next >

Ketiga, Pilih restore point yang ingin sobat gunakan. Restore Point ini berisi “backup” registry dan pengaturan Windows yang akan dikembalikan ke titik dibuatnya Restore Point tersebut. Jika sudah memililh, silahkan klik Next >

Keempat, selanjutnya klik finish.

Kelima, konfirmasi lagi dengan memilih Yes. Setelah itu, komputer sobat secara otomatis akan melakukan system restore. Komputer sobat mungkin akan restart beberapa kali, namun hal itu normal dan jangan mencoba untuk mematikannya secara langsung karena dapat menyebabkan error system. Tunggu saja hingga prosesnya selesai.

Sekian tutorial kali ini tentang cara system restore pada windows. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar di bawah ini ya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Melakukan System Restore Pada Windows 7"

  1. ilmu bermnfaat gan ... launcer memang kdang malah menghmbat

    ReplyDelete