Bagaimana Cara Mencegah Virus Masuk ke PC

Cara Mencegah Virus Masuk ke PC - Mendengar kata virus bagi sebagian pengguna komputer sudah seperti momok yang menakuktkan. Banyak sekali virus yang tersebar bisa saja melalui jaringan Internet atau yang lainnya. Jika ada yang namanya virus, pasti ada juga yang namanya Antivirus. Apa fungsi dari Antivirus ini ? Antivirus berfungsi untuk mencegah, menangkal bahkan menghapus virus-virus yang masuk ke PC kita. Namun, pada postingan ini saya tidak akan membahas tentang Antivirus terbaik saat ini. Saya akan membahas “Perlukah Antivirus bagi Pengguna Komputer” dan “Bagaimana Cara Mencegah Virus Masuk ke PC”.

Pasti kalian bertanya-tanya, “Ah admin ngawur nih, ya jelas pentinglah namanya antivirus kan mencegah virus masuk”. Nah, kalian belum pernah mendengar pengalaman admin selama menggunakan Antivirus. Memang overall antivirus itu penting, saya sendiri juga biasa menggunakan antivirus untuk menghapus virus yang bandel. Namun, tidak selamanya antivirus itu baik untuk PC. Buat kalian yang suka gonta ganti antivirus pasti pernah mengalaminya, jadi sebelum saya membahas tentang perlukah antivirus bagi komputer. Terlebih dahulu saya jelaskan tentang kekurangan dari antivirus terhadap PC.

1.   Membuat PC/Laptop Menjadi Lemot.

Pernah mengalami hal ini ? Saya sendiri paling sering mengalami hal tsb. PC tiba-tiba lemot sering hang gak jelas gak tau penyebabnya. Ternyata setelah saya telusuri, antivirus lah yang menyebabkan pc menjadi lemot. Apalagi buat PC dengan spek low-end. Pasti terasa deh lagnya, contoh antivirus yang sudah saya gunakan dan menyebabkan lag adalah : AVG Antivirus dan AVG Internet Security. Kedua produk ini berhasil membuat PC saya lag dan menghapus semua game saya -_-. Ternyata beberapa antivirus menganggap folder yang ada di dalam game berupa virus ataupun malware.

2.   Tidak Semua Antivirus Berhasil Membasmi Virus.

Namanya juga buatan manusia gan, tidak semua antivirus bisa menghapus virus. Kita ambil contoh aja ya. Antivirus Kaspersky berhasil menghapus virus A, tapi tidak bisa menghapus virus B. Begitu Juga dengan Avast, Avast berhasil menghapus virus B, tapi tidak bisa menghapus virus A (Misalnya ya Gan).

Perlukah Antivirus dipasang di PC.

Perlukah Antivirus dipasang di PC. Jawabannya adalah 50:50, karena sudut pandang setiap orang berbeda-beda. Menurut saya pribadi antivirus tidak perlu diinstal jika kita mengetahui cara mencegah virus masuk ke PC. Percaya atau tidak 3 tahun terakhir ini PC saya tidak pernah diinstal Antivirus, saya beranggapan Antivirus hanya memperlambat kinerja Gaming pada komputer, terdapat beberapa antivirus yang memakan banyak sekali RAM sehingga menggangu sekali untuk kinerja Gaming. Dan bisa kalian tahu, selama 3 tahun saya menggunakan PC tanpa Antivirus, Alhamdulillah PC saya belum pernah terinfeksi virus. Mau tahu rahasianya agar tidak terinfeksi virus. Disimak disini ^_^.

Cara Mencegah Virus Masuk ke PC.

1.   Hindari Situs yang tidak Benefit.

Saat browsing, hindari website yang tidak benefit. Terdapat beberapa website yang menyuruh kita mendownload software. Hati-hati jangan pernah download dari website yang kurang terpercaya, bisa saja software yang kalian download itu hanyalah sebuah malware. (Pengalaman gan udah pernah :v )

2.   Kurangilah Download.

Jika ingin download, downloadlah file dari situs yang terpercaya, yang sudah sering dibanyakan orang. Website seperti itulah yang aman untuk PC kalian. Kurangilah download software yang tidak berguna, karena beberapa virus melekat di software seperi itu.

3.   Hindari File Transfer antar Flahsdisk.

Hal ini yang paling saya cegah, jika ada teman saya yang minta game. Pasti akan saya suruh format dulu FD nya. Karena beberapa virus seperti virus shortcut. yang sangat sulit untuk dihilangkan mereka menyebar melalui Flashdiks. Jadi hindarilah hal-hal seperti ini.


Itulah beberapa hal yang saya lakukan untuk mencegah virus masuk ke PC, dan alhamdulllah cara yang saya gunakan aman. Hingga saat ini, sampai saya menulis artikel ini, alhamdulillah PC saya aman 100%.

Subscribe to receive free email updates: