Faktor Penyebab Pengunjung Blog Turun

Tinggi rendahnya trafik blog bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Banyak sekali faktor-faktor yang menyebab traffik blog yang semula tinggi tiba-tiba rendah. 

Setelah trafik blog yang rendah diperlukan lagi usaha, kerja keras, dan kesabaran untuk mengembalikan trafik blog seperti semula. Sebelum anda melakukan perbaikan, sebaiknya anda mengetahui faktor penyebab pengunjung blog turun. 


Jika sudah mengetahui penyebabnya, akan lebih mudah untuk memperbaikinya.

Berikut adalah faktor-faktor yang menyebabkan pengunjung blog turun

1) Anda baru saja mengganti nama domain blog

Penyebab trafik blog yang turun bisa jadi karena anda baru saja merubah nama domain. Nama domain itu ibarat jantungnya Search Engine, jadi sangat tidak direkomendasikan ketika blog anda yang sudah memiliki trafik blog stabil untuk mengganti nama domain blog.

Namun, jika anda sudah terlanjur melakukan hal ini, langsung daftarkan nama domain blog anda yang baru di google webmasters, agar segera terindex di google.

2) Terlalu sering merubah template blog

Ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh blogger pemula, banyak sekali blogger yang merasa kurang srek dengan tema blog mereka. Sehingga mereka sering sekali mengubah-ubah template. 

Search Engine akan membaca blog anda dari awal, menghafal semua struktur template dari awal, sehingga tidak menutup kemungkinan blog anda akan hilang dari search engine. 

Jadi, saran saya jangan terlalu sering mengganti template blog, jika perlu gunakan saja satu template blog yang sama.

3) Blog Anda Mendapatkan Penalty (Peringatan) dari Google

Banyak sekali faktor yang menyebabkan blog mendapatkan penalty dari google, menurut pengalaman pribadi saya, penggunaan traffic exchange dan jinggling auto visitor adalah faktor terbesar blog mendapat peringatan dari google. 

Jika pelanggaran yang anda lakukan terlalu berlebihan, tidak menutup kemungkinan google akan menghapus blog anda dari search engine, atau lebih buruk lagi, menghapus blog anda secara permanen. 

Beberapa tingkatan peringatan (penalty) google, antara lain :

Google Dance

Googel Dance adalah hukuman dari google berupa “penggoyangan” posisi SERP suatu situs, penggoyangan disini maksudnya adalah penurunan peringkat blog di posisi search engine. 

Misalnya, artikel blog anda mendapatkan peringkat 1 di SERP, secara tiba-tiba artikel anda berada diperingkat 10. 

Tingkatan dari hukuman ini masih dibilang ringan, anggap saja google masih sayang sama kalian karena masih memberikan hukuman seperti ini.

Google Sandbox

Google Sandbox adalah suatu tindakan penalty Google terhadap suatu laman blog atau website yang di buang dari rangking pengindexan atau bisa di artikan sebagai penjara google yang menyedot seperti pasir hidup. 

Jadi keyword dari artikel blog anda seakan-akan hilang dari search engine seperti tersedot pasir hidup, dan terperangkap di dalamnya. 

Sebenarnya, ada sisi positif blog anda masuk kedalam sandbox. Jika anda tetap posting blog meskipun blog dalam keadaan Sandbox, setelah keluar dari sandbox maka hasil SERP dari blog kalian bisa saja langsung melonjak menjadi peringkat 1.

Deindex

Deindex adalah hukuman berupa Google menghapus indeks/keyword  blog anda dari database mereka, tingkatan ini jauh lebih sulit dari sandbox. 

Jika sandbox hanya menghilangkan sementara, maka deindex akan menghapus keyword blog anda dari search engine.

Banned

Kita ucapkan dulu Innalillahi wainnailaihi rajiun, jika blog anda sudah dibanned maka tidak ada jalan keluar, blog dibanned berarti blog sudah dihapus dari google. 

Anda tidak akan lagi bisa mengakses, mengelola blog yang sudah dibanned. Tingkatan ini adalah tingkatan hukuman tertinggi, tidak ada jalan keluar jika blog sudah dibanned. 

4) Optimasi SEO yang terlalu berlebihan

Melakukan optimasi SEO baik onpage maupun offpage yang berlebihan bisa menyebakan trafik blog anda turun. 

Menurut Matt Cutt kepala webspam google, ia pernah memaparkan bahwa ketika anda melakukan optimasi SEO pada blog anda, maka popularitas dan trafik blog akan membengkak, tapi jika terus melakukan optimasi SEO secara berlebihan maka grafik popularitas akan semakin turun dan pada akhirnya blog anda terkena penalty dari google.

Oleh karena itu, jika ingin optimasi SEO lakukan sewajarnya, jangan berlebihan. Karena sudah jelas kan, sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik.

5) Anda Malas Update Postingan Blog

Tidak banyak penjelasan dari point ini, anda jarang posting jangan terlalu berharap mendapatkan visitor yang banyak. Meskipun anda telah melakukan optimasi SEO, tapi anda jarang update, maka, trafik blog akan turun. 

Penyebabnya, bisa jadi dari pengunjung yang sudah bosan atau merasa basi dengan postingan blog anda. Oleh karena itu, rajin-rajinlah posting membuat artikel, minimal 3 kali seminggu.

Penutup

Baiklah, itu adalah beberapa faktor trafik blog tiba-tiba turun secara drastis. Semoga bermanfaat, dan ingat gan “Sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik” oleh karena itu jangan melakukan hal yang berlebihan terhadap blog anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Faktor Penyebab Pengunjung Blog Turun"

Post a Comment