Mengenal Teknik White Hat SEO dan Black Hat SEO

Teknik White Hat SEO dan Black Hat SEO – SEO adalah usaha yang dilakukan seroang blogger untuk meningkatkan trafik pengunjung suatu blog/website. Nah, untuk melakukan SEO ini diperlukan beberapa tahapan agar SEO berhasil. Namun, banyak sekali para blogger yang  tidak sabar sehingga melakukan cara yang melanggar ketentuan dari search engine. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Apa itu White Hat SEO dan Black Hat SEO.


Apa itu White Hat dan Black Hat SEO ?

Teknik White Hat SEO


White Hat SEO adalah usaha optimasi SEO yang dilakukan seorang blogger dengan cara baik dan benar serta tidak melanggar ketentuan dari search engine dengan tujuan untuk mendapatkan hasil pertama dalam SERP.

“Bagaimana cara yang dilakukan White Hat SEO ?”

Sebenarnya, cara yang dilakukan oleh White Hat SEO tergolong mudah dan sederhana asalkan tekun dan memiliki kemauan untuk meng-update terus blognya. Beberapa cara yang dilakukan oleh White Hat SEO antara lain adalah.

Optimasi Konten Blog
Maksudnya adalah meningkatkan kualtas blog dengan selalu menyajikan konten yang berkualitas dan original bukan hasil copas dari blog lain.

Optimasi pada URL blog
Tidak membuat redirect url tertentu ke halaman lain (misalnya redirect ke halaman iklan), jadi saat pengunjung datang, ia tidak akan diarahkan menuju halaman lain. Serta memperkuat optimasi SEO dengan cara membuat custom url yang mengandungkata kunci.

Optimasi Kata Kunci
Seorang White Hat SEO selalu senantiasa melakukan optimasi kata kunci yang benar tanpa memanipulasi warna maupun ukuran huruf dengan keyword density satu konten tidak lebih dari 3,5% sampai 5%.

Melakukan Link Building
Melakukan link building yang baik dan tidak keluar jalur seperti membangun link building secara alami, bukan membeli backling berkualitas dari blog yang memiliki page rank tinggi.

Template atau Tampilan Blog
Dalam memilih template atau tampilan juga termasuk salah satu teknik White Hat SEO, pilihlah template yang SEO friendly dan memiliki loading yang cepat. Blog yang ringan sangat disukai oleh search engineatau mesin pencari.

Meta Tag
Pasanglah meta tag, hal ini sangat membantu terutama judul dan deskripsi. Letakan robot dan judul yang tepat dibawah <head> agar konten pelacak jelas membaca semua kode markup.  Beberapa meta tag yang bisa anda atur adalah.
  • Judul
  • Meta Description
  • Kata Kunci Meta
  • Pos dengan unsur H1-H6
  • Alt dan Tag yang bisa dioptimalkan di gambar
  • Link yang berisi keyword
  • Tittle tag

Backlink yang baik
Carilah backlink yang baik dari situs-situs yang memiliki Page Rank tinggi, submit juga ke direktori situs dofollow dan carilah backlink yang satu arah sesuai dengan konten anda.

Promosikan Blog Ke Sosial Media
Sedikit banyak sosial media berpengaruh dalam teknik White Hat SEO, manfaat sosial media dengan share blog anda ke sosial media.

Membuat Unique Content
Buatlah konten yang memiliki Unique content diatas 90%. Blog dengan unique content tinggi mempunyai peluang besar untuk muncul sebagai page #1 dalam SERP.

Teknik Black Hat SEO


Black Hat SEO adalah optimasi SEO yang dilakukan seorang blogger untuk mendapatkan posisi pertama dalam SERP namun dengan cara illegal/curang dan melanggar kebijakan search engine. Beberapa cara illegal yang dimaksud antara lain sebagai berikut.

Jingling Auto Visitor
Jingling adalah cara yang dilakukan Black Hat SEO dengan cara mengelabui search engine untuk mendapatkan visitor dengan jumlah yang berlimpah. Visitor yang datang dari software atau website jingling adalah berupa bot, biasa search engine akan melihat dari mana datangnya visitor dari sebuah blog, dan jika mereka mengetahui bahwa visitor tersebut berupa bot bukan visitor alami, maka blog yang terindikasi bisa saja mengalami Sandbox, Deindex, atau yang lebih parah Banned.

Keyword Stuffing
Keyword stuffing adalah penerapan kata kunci yang berlebihan, dimana sebuah halaman yang hanya berisi sebuat kata kunci/keywordyang berulang-ulang.

Teks Tidak Terlihat
Teknik ini seperti keyword stuffing, mengumpulkan sebanyak-banyaknya keyword kemudian merubah warna tulisan menjadi sama dengan latar belakang template blog. Misal, jika template blog berwarna putih, maka kata kunci tersebut diberi warna putih. Cara untuk melihat kata kunci ini adalah memblock semua postingan dengan ctrl + a untuk melihat tulisan yang tersembunyi.

Pengulangan Judul
Maksudnya adalah isi postingan hanya berisi pengulangan judul, misalnya “Mengenal SEO dan SERP” maka seluruh isi postingan tersebut hanya “Mengenal SEO dan SERP” tidak perlu menambahkan tulisan-tuisan yang lain.

#PENUTUP

Sekian dari postingan saya, semoga saja bermanfaat. Dan ingat ya gan ! jangan menggunakan teknik Black Hat SEOjika tidak ingin menyesal, gunakan saja White Hat SEO, memang perlu kesabaran dan hasilnya tidak bisa langsung dilihat, namun jika teknik White Hat SEO berhasil maka blog anda bisa langsung berada di rank #1 SERP

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Mengenal Teknik White Hat SEO dan Black Hat SEO"

  1. Saya lebih suka white hat seo soalnya yang saya rasakan hasilnya sangat lama bisa bertahun-tahun dalam posisi yang ga tergoyahkan. Beda banget dengan black hat seo cepat hasilnya tapi efek setelahnya. Ga jarang ga bisa bertahan lama malah langsung menghilang dari halaman pertama.

    Kalau mas sendiri lebih cenderung menggunakan yang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sendiri sih gan lebih cenderung ke white SEO, meskipun lama tapi hasilnya sangat memuaskan gan

      Delete
  2. We know enough to get our selves into spending hours of our time to figure out even if in the end it does not work out. Worse yet, we will keep trying until we get it right.
    why build link pyramids

    ReplyDelete