Mengenal Virtual Private Network (VPN)

Pengertian Virtual Private Network (VPN) – VPN atau Virtual Private Network adalah sebuah jaringan virtual yang dapat dihubungkan ke komputer kita melalui internet. ketika anda menghubungkan perangkat anda (bisa komputer, smartphone, tablet dlsb) ke dalam jaringan VPN maka perangkat anda akan bertindak seolah-olah berada didalam satu jaringan yang sama dengan si VPN. Semua traffic atau lalu lintas data anda dalam internet di suplai oleh si VPN yang memiliki koneksi yang aman dan bersih. karena komputer anda seolah-olah berada dalam satu jaringan yang sama dengan VPN maka komputer anda bisa memanfaatkan resource jaringan virtual tersebut meskipun anda sedang berada di belahan dunia yang lain. Komputer anda juga bisa mengakses internet seolah-olah berasal dari lokasi atau negara yang sama dengan VPN yang anda gunakan. dengan prinsip kerja ini maka anda bisa mengakses website-website yang diblokir oleh sebuah negara atau lokasi. 

Ketika anda browsing  menggunakan VPN, secara tidak langsung komputer anda melakukan kontak dengan website yang sedang anda akses namun dengan adanya VPN yang terenkripsi, data-data anda akan aman dan tidak akan terdeteksi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Dengan menggunakan VPN orang yang sedang menjelajahi internet akan terasa aman, karena jaringan VPN hanya diketahui oleh orang-orang tertentu saja yang memiliki akses ke VPN anda. Dengan adanya VPN, data komputer anda akan aman.

Fungsi VPN

#1 KERAHASIAAN (Confidentally)

Teknologi VPN memiliki sistem kerja mengenkripsi semua data yang lewat melaluinya. Dengan adanya teknologi enkripsi ini, maka kerahasiaan Anda menjadi lebih terjaga. Biarpun ada pihak yang dapat menyadap data Anda yang lalu-lalang, namun belum tentu mereka bisa membacanya dengan mudah karena memang sudah diacak. Dengan menerapkan sistem enkripsi ini, tidak ada satupun orang yang dapat mengakses dan membaca isi jaringan data Anda dengan mudah.

#2 Keutuhan DATA (Data Integrity)

VPN juga mempunyai kemampuan untuk menjaga keutuhan keamanan data dan informasi dari alamat sumber sehingga dapat diterima dengan baik pada alamat yang dituju. Ketika melewati jaringan Internet, data Anda sebenarnya sudah berjalan sangat jauh melintasi berbagai negara. Di tengah perjalanannya, apapun bisa terjadi terhadap isinya. Baik itu hilang, rusak, bahkan dimanipulasi isinya oleh orang-orang iseng. VPN memiliki teknologi yang dapat menjaga keutuhan data yang Anda kirim agar sampai ke tujuannya tanpa cacat, hilang, rusak, ataupun dimanipulasi oleh orang lain.

#3 Autentikasi Sumber (Origin Authentication)

VPN juga memungkinkan untuk melakukan autentikasi sumber data yang diterima. Sehingga VPN dapat memeriksa data yang masuk dan mengakses informasi dari sumbernya. Kemudian, alamat dari sumber data tersebut akan disetujui jika proses autentifikasi berhasil.

Manfaat VPN pada Jaringan Komputer.

Ada beberapa manfaat dari penggunakan VPN pada jaringan yang kita gunakan, beberapa diantaranya adalah :
  • Remote access, dimana VPN bisa berfungsi untuk mengakses komputer dari jarak yang jauh asalkan bisa terhubung dengan jaringan internet.
  • Keamanan, data dan informasi yang dikirim akan lebih aman karena adanya autentikasi sumber.
  • Biasa Setup atau pemasang jauh lebih murah.

Demikianlah sedikit artikel apa itu pengertian, fungsi, dan manfaat VPN. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Mengenal Virtual Private Network (VPN)"

  1. You have a good point here!I totally agree with what you have said!!Thanks for sharing your views...hope more people will read this article!!! vpn review

    ReplyDelete