Pengertian dan Beberapa Macam Topologi Jaringan Komputer

Pengertian Topologi Jaringan – Topologi sistem jaringan adalah susunan fisik dimana perangkat komputer anggota sistem jaringan saling dihubungkan. Beberapa topologi yang bisa digunakan adalah topologi star, bus, dan ring. Masing-masing dari topologi ini mempunyai ciri khas dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pada kesempatan kali ini, saya akan share beberapa macam jenis topologi yang paling sering digunakan.
Apa itu Topologi Jaringan

Jenis Topologi yang Paling Sering Digunakan


Topologi Star

Pada sistem jaringan topologi star atau bintang, salah satu sentral dibuat sebagai sentral pusat atau server. Setiap transfer data akan melalui server dan setiap client terhubung secara tersendiri. Apabila salah satu client mengalami hambatan atau kerusakan, client yang lain tidak akan terganggu dan tetap dapat berkomunikasi dengan server. Berikut adalah kelebihan dan kelemahan Topologi Star.
  • Kelebihannya adalah fleksibel, kontrol terpusat, pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain, kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan, dan kemudahan pengelolaan jaringan.
  • Kerugiannya adalah boros kabel, perlu penanganan khusu, dan kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis.

Topologi Bus

Sistem jaringan topologi Bus berpusat langsung pada medium transmisi, dimana seluruh workstation dan serverdihubungkan. Jaringan dengan topologi Bus sering dijumpai pada sistem client dan server. Artinya, mesin pada jaringan difungsikan untuk file server. Jadi, mesin hanya digunakan untuk pendistribusian data dan bukan untuk pemrosesan informasi. Jaringan Bus sangat sederhana. Topologi Bus memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut.
  • Kelebihannya adalah pengembangan jaringan mudah dilakukan, hemat dalam penggunaan kabel, dan hanya memiliki satu jalur utama.
  • Kekurangannya adalah bisa terjadi tabrakan data karena mekanisme jaringan sederhana, bisa terjadi kepadatan pengiriman data sehingga kecepatan akses terhambat, dan jika salah satu node putus akan mengganggu kinerja dan trafik seluruh jaringan.

Topologi Ring

Sistem jaringan topologi Ring atau lengkapnya adalah topologi Token-Ring adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan sama. Jaringan disebut sebagai loop, data dikirimkan ke setiap simpul dan informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan. Topologi Ring memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut.
  • Keuntungannya adalah hemat kabel serta kecepatannya dapat diandalkan
  • Kerugiannya adalah peka kesalahan serta pengembangan jaringan lebih kaku.

Sebenarnya masih banyak jenis topologi yang lain, seperti topologi mesh, topologi tree, topologi linier, topologi hybrid dan lain-lain. Namun, saya hanya menjelaskan tiga karena jenis ketiga topologi ini adalah jenis yang paling sering digunakan. Semoga artikelnya bermanfaat gan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Beberapa Macam Topologi Jaringan Komputer"

Post a Comment