Cara Mengatasi Black Screen pada Komputer

Cara Mengatasi Black Screen pada Komputer – Black Screen atau biasanya dikenal sebagai BSoD atau Black Screen of Death adalah sebuah pesan error yang disampaikan oleh system windows karena error yang terjadi dalam system maupun hardware pada komputer. BSoDditandai dengan munculnya layar hitam dengan kursor saat komputer dinyalakan.

Penyebab umum komputer mengalami BSoD

#Kesalahan penginstalan driver (bug) atau bisa disebut incompatibillity driver.
#Malfunction Hardware.
#Bug system saat melakukan update windows.
#Serangan virus dan malware.
#Registry yang corrupt atau hilang.
#Overlock CPU yang terlalu berlebihan.
#Software pihak ketiga yang tidak compatible dengan komputer anda.

Mencari Penyebab Komputer Black Screen.

Setelah kita mengetahui penyebab umum komputer mengalami black screen, sekarang kita harus mencari tau kira-kira apa penyebab dari black screen yang terjadi pada komputer kita. Seperti halnya dokter, dokter selalu mencari tahu penyebab penyakit pasien baru memberi obat. Begitu halnya dengan komputer, kita harus cari tahu penyebabnya baru kita bisa memperbaikinya. Beberapa pertanyaan yang bisa kita catat untuk mencari penyebab komputer black screen antara lain :

Apakah kita baru saja menginstal software atau driver ?

Cek apakah anda baru saja menginstal software atau driver, jika kalian baru saja menginstal software atau driver kemungkinan penyebab dari BSoD yang kalian alami karena software atau driver yang diinstal tidak compatible. Cara mengatasi BSoD karena penyebab ini cukup mudah, kalian bisa melakukan System Restoredan merestore system ke tanggal sebelum kalian menginstal driver atau software tersebut.

Apakah kita baru saja melakukan update OS windows ?

Update windows yang tidak sempurna bisa menjadi penyebab terjadinya BSoD, ketia komputer melakukan update windows secara otomatis, jangan sesekali men-shutdown secara paksa. Hal ini bisa menyebabkan error pada system, dan berujung pada BSoD. Cara yang bisa kalian lakukan untuk keluar dari BSoD karena masalah ini adalah dengan melakukan System Restore. 

Apakah kita baru saja melakukan overlocking pada Processor maupun GPU ?

Hati-hati, jangan sesekali kalian melakukan overlocking pada Processor yang tidak diperuntukan untuk melakukan overlock, jika kalian ingin melakukan overlock lihat terlebih dahulu spek dari Processor dan GPU nya, kira-kira mampu tidak untuk melakukan overlocking. Jika Processore dan GPU dipaksa untuk melakukan overlocking, kedua hardware ini bisa overheat kemudian mati karena terlalu panas, cara yang bisa kalian lakukan dengan masalah ini adalah istirahatkan komputer untuk sementara waktu, dinginkan Processor dan GPU hingga mencapai suhu normal.

Apakah ada flashdisk yang masih menempel pada CPU ?

Perhatikan apakah ada flashdisk yang menancap pada CPU,flashdisk yang mengandung banyak virus bisa melakukan serangan ke komputer, bisa saja virus tersebut mengacak-acak system sampai error. Jika terjadi masalah ini, masuk ke safe mode kemudian full scan komputer kalian.

Apakah hardware dalam keadaan bersih atau tidak ?

Cek juga hardware, hardware yang kotor dan berdebu tentu saja dapat menghambat kerja komputer. Cek semua komponen hardware, mulai dari kabel, letak hardware, dan lain-lain. Jangan lupa untuk senantiasa membersihkan hardware.

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kita lakukan ketika komputer mengalami black screen, semoga saja bermanfaat untuk kita semua. Ingat ya gan ^_^ kalau punya komputer selalu dijaga, jangan terlalu over ketika bermain komputer, komputer seperti halnya manusia, bisa saja capek ketika disuruh bekerja secara terus menerus. 

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara Mengatasi Black Screen pada Komputer"

  1. Apa bedanya black screen dengan blue screen dari pengaruhnya?

    Sepertinya dari cara mengatasi ada kesamaan, makasih mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang dilansir microsoft gan, Blue screen adalah pengganti dari black screen. Pada awalnya black screen hanya ada pada system windows berbasis MS-DOS, dan untuk blue screen pada windows generasi selanjutnya. Tapi ternyata error black screen masih bisa muncul pada windows generasi selanjutnya. Hampir tidak ada bedanya dari black screen dan blue screen, black screen dan blue screen bukanlah pengaruh. Tapi pesan error yang muncul pada windows dan kita harus mencari apa pesan error tersebut dan juga mencari solusi dari error tersebut.

      Delete
  2. Saya belum pernah mas mengalaminya, tapi apabila saya mengalami mungkin ini sangat membantu untuk saya, terima kasih nih mas sudah berbagi sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete