Cara Membuat Partisi Hardisk di Windows

Cara Mudah Membuat Partisi Hardisk - Hardisk merupakan sebuah perangkat keras pada komputer yang difungsikan sebagai media penyimpanan dalam pengoperasian komputer. Dalam penggunaannya, biasanya kita membagi kapasitas yang ada menjadi bebrapa bagian, bagian-bagian inilah yang disebut partisi hardisk. Tujuannya agar lebih mudah memanagement kapasitas yang ada agar penggunaan lebih efisien.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan share bagaimana cara membuat partisi hardisk, jika partisi hardisk terlalu besar, misalnya di drive c: ukurannya 500 Gb ukuran yang sangat besar untuk satu partisi. Untuk membuatnya agar menjadi lebih kecil, caranya sangat mudah kok.

Cara Mudah Membuat Partisi Hardisk

Pertama, Klik start > kemudian search ‘computer management’.

Kedua, Setelah itu buka Computer Management dan akan muncul seperti dibawah ini. Lalu pilih disk management.

Ketiga, Kemudian pilih disk yang akan diperkecil untuk membuat partisi baru, misalnya saya memilih disk c: klik kanan dan pilih shrink volume. Tunggu prosesnya.

Keempat, Lalu akan ada perintah dimana kita akan disuruh memasukan berapa kapastias penyimpanan yang akan kita buat. Misal saja saya akan buat partisi hardisk dengan kapasitas 5 Gb, maka akan saya tulis 5000, begitu juga seterusnya jika ingin membuat 50 Gb tinggal tulis 50000.

Kelima, Setelah itu akan muncul disk dengan tulisan unlocated, kalian klik kanan kemudian pilih new simple volume. Kemudian klik next saja.

Keenam, Klik next sampai muncul seperti dibawah ini, sesuaikan dengan drive letter HDD kalian, jika drive pertama C: kedua D: maka drive selanjutnya adalah E:, selanjutnya pilih next.

Ketujuh, Pada menu selanjutnya biarkan saja default lalu klik next. Jika ingin merubah nama  dari partisi nya, ubah volume label menjadi nama sesuka kalian.

Kedelapan, Setelah itu klik finish dan selamat partisi hardisk kalian yang baru telah dibuat.

Dengan cara diatas, kalian sudah bisa membagi-bagi kapasitas hardisk. Silahkan bertanya di komentar jika ada yang masih belum dimengerti, ya.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara Membuat Partisi Hardisk di Windows"

  1. ane masih bingung sih gan ehehhe, tak baca lagi lah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disimak aja gan, lama lama juga ngerti hehehe :D

      Delete
  2. kalo partisi gitu data nya ke apus ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung gan. Kalau misalnya hardisk nya ukuran 50 Gb, data ente ukuran 30 Gb, terus ente mau buat partisi ukuran 40 Gb. Otomatis datanya hilang gan, jadi kalau mau buat partisi ukurannya harus lebih kecil dari data yang ada di hdd, biar datanya gak hilang

      Delete