Cara Jitu Mengatasi Laptop yang Panas

Cara Mudah Mengatasi Laptop yang Cepat Panas - Laptop sebagai pengganti komputer, didesain sedemikian rupa sehingga mudah dibawa namun memiliki performa yang menyamai komputer. PANAS, merupakan musuh terbesar laptop. Karena desainnya yang kecil dan minimalis, otomatis komponen-komponen yang ada pada laptop diletakkan rapat. Sehingga, sirkulasi udara bisa dibilang sedikit. Hal ini merupakan salah satu faktor penyebab laptop menjadi panas. Laptop yang bersuhu tinggi sangatlah mengganggu, selain menurunkan performa laptop, komponen yang ada didalamnya menjadi rentan atau mudah rusak. 



Faktor Penyebab Laptop Panas

Banyak sekali faktor yang menyebabkan laptop menjadi panas. Beberapa faktor yang sering menyebabkan laptop panas antara lain adalah.

#1 Lamanya Penggunaan

Pengunaan yang terlalu lama dapat menyebabkan laptop menjadi panas. Ditambah dengan beban kerja laptop untuk hal-hal yang berat seperti main game dan desain grafis akan mempercepat tingginya suhu pada laptop. 

#2 Suhu Ruangan

Suhu pada ruangan juga berpengaruh pada laptop. Suhu ruangan yang panas akan membuat suhu pada laptop dua kali lebih panas. Cobalah bermain pada ruangan dengan suhu dingin seperti ruang yang ber-AC.

#3 Peletakan Laptop Saat Digunakan

Terkadang kita asal pakai saja laptop kita disembarang tempat, tanpa memperhatikan berdampak atau tidaknya pada performa laptop kita. Peletakan laptop pada posisi sedang digunakan menjadi penting karena dapat berdampak pada sirkulasi udara yang ada di dalam laptop tersebut. Hindari penggunaan laptop diatas kasur, bantal, dan sebangsanya. Debu yang ada pada kasur maupun bantal dapat masuk kedalam laptop, dan menumpuk pada kipas. Akibatnya, kipas tidak dapat berfungsi dengan normal

#4 Kipas Tidak Berfungsi Normal

Kipas yang tidak berfungsi dengan normal merupakan salah satu penyebab cepat panasnya laptop ketika digunakan, karena jika kipas tidak berfungsi dengan normal, maka akan menyebabkan hawa panas didalam laptop menumpuk dan sulit untuk keluar karena sirkulasi yang tidak baik dan tidak berfungsinya kipas untuk mengalirkan hawa dingin pada komponen didalam laptop. Masalah seperti ini biasanya timbul karena banyaknya kotoran yang menumpuk pada kipas yang dapat memperlampat kinerja dari kipas itu sendiri.

#5 Thermal Paste Kering

Kita tahu bahwa salah satu komponen yang cepat panas pada laptop adalah pada bagian processor. Biasanya pada bagian atas processor diberi semacam gel yang disebut thermal paste. Pemberian gel tersebut betujuan untuk mereduksi atau mengurangi panas yang dihasilkan oleh processor.  Apabila laptop masih baru, biasanya tidak ada masalah pada thermal pastenya, tetapi setelah melewati masa pemakaian yang lama, thermal paste akan mengering, dan ini akan berdampak pada panas yang dihasilkan processor itu sendiri.

Cara Ampuh Mengatasi Laptop yang Panas

Bagaimana cara mengatasi laptop yang panas ? Berikut ulasannya.

#1 Menggunakan Cooling Pad

Cooling pad adalah hardware tambahan yang berfungsi untuk menurunkan suhu pada laptop. Bekerja seperti kipas pada laptop, berfungsi untuk mengeluarkan suhu panas menggunakan putaran pada kipas. Cooling Pad terbukti ampuh menurunkan suhu laptop 1-5 derajat celcius, bahkan bisa lebih jika Cooling Pad yang anda gunakan memiliki jumlah kipas yang lebih banyak.

#2 Mengganti Thermal Paste CPU

Seperti yang dijelaskan diatas, seiring dengan lamanya penggunaan, thermal paste bisa mengalami “dried out” atau mengering. Kalau sudah begitu, tentu saja efektivitasnya pun menjadi berkurang sehingga panas terperangkap pada processor Nah, cara mengatasi laptop cepat panas yang satu ini mengharuskan anda untuk mengganti salah satu komponen yang sangat penting bagi laptop tersebut. Jika laptop anda sudah menunjukkan gejala sering blank dan overheat, maka cara mengatasi laptop cepat panas yang satu ini bisa anda lakukan. 

#3 Hindari kegiatan overclock

Bagi anda pecinta game atau gamer, anda tidak akan asing dengan kata overclock. Kegiatan ini dilakukan agar mendapatkan performa processor atau vga yang maksimal. Akan tetapi, jangan terlalu sering melakukan overclocking karena dapat menaikan suhu pada processor dan dapat berujung pada kerusakan komponen, karena terlalu sering dipaksakan performanya.

#4 Istirahatkan Laptop

Istirahatkan laptop anda, setidaknya sampai suhu pada laptop mencapai titik normal. Selain untuk menurunkan suhu, mengistirahatkan laptop juga dapat membuat komponen pada laptop menjadi lebih awet.

#5 Tambahan 

Belilah laptop dengan harware yang mumpuni, jika ingin menggunakan laptop untuk kegiatan berat. Laptop gaming didesain untuk performa yang tinggi, sehingga kemungkinan suhu tinggi dapat diatasi. Series laptop gaming seperti ASUS ROG, ACER Predator, dan MSi merupakan pilihan yang baik jika anda adalah seorang gamer
.
(btw gambar hanya pemanis :v )

Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat ya gan. Jangan lupa untuk share di sosial media anda dan bagikan tips ini pada teman-teman anda :D 

Subscribe to receive free email updates: