Perhatikan Hal Ini Sebelum Menjadi Seorang Blogger

Blog adalah sebuah aplikasi web yang memuat informasi-informasi tertentu. Blog biasa ditulis oleh seseorang karena hobi. Dari hobi tersebut, bisa menghasilkan uang. Bagaimana bisa ? 

Tentu saja bisa, karena blog memuat berbagai macam informasi. Informasi tersebut tentu akan mendatangkan pengunjung. Seperti halnya televisi semakin banyak yang menonton, semakin banyak yang berkunjung, sebuah blog akan mendatangkan pengiklanan. 

Notabenenya, setiap pengunjung yang meng-klik iklan tersebut akan menghasilkan uang bagi   sang pemilik blog. Pekerjaan menjadi seorang blogger merupakan pekerjaan yang susah-susah gampang. 

Menjadi blogger, menuntut kita menjadi seorang yang kreatif, memiliki kemauan yang keras, ulet dan rajin. Sebelum menjadi seorang blogger, sebaiknya Anda membaca artikel ini karena terdapat tips-tips menjadi seorang blogger pemula.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menjadi blogger

Dari Mana Harus Memulai ?

Apa yang harus dilakukan sebelum menjadi seorang blogger ? Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum menjadi seorang blogger.
Tentukan Tujuan

Mulailah menentukan tujuan Anda ngeblog. Apakah Anda ngeblog hanya sekedar hobi untuk meluangkan waktu atau ngeblog untuk mendapatkan penghasilan. 

Jika Anda sudah menentukan tujuan Anda ngeblog, konsistenlah ! Jangan mudah menyerah karena ngeblog menghabiskan waktu, tenaga dan pikiran. 

Kegagalan menjadi blogger adalah hal biasa. Dari kegagalan tersebut akan tercipta kesuksesan jika Anda bisa menemukan kesalahan Anda dan mulai memperbaiki.

1) Tentukan Niche

Mulailah untuk menentukan niche atau tema blog Anda. Gunakan tema yang sesuai dengan kemampuan dan hobi Anda. 

Misalnya, Anda penggemar otomotif bisa membuat blog tentang review motor keluaran terbatu. Atau mungkin Anda penggemar sepak bola bias membuat review tentang pertandingan sepak bola club kegemaran Anda. 

Kesesuaian tema dan blog Anda akan bepengaruh terhadap kesuksesan blog Anda. Pilihlah tema blog yang anda sukai dan juga disukai orang lain, agar dapat mengundang lebih banyak pengunjung blog.

2) Luangkan Waktu

Tentukan waktu yang akan anda gunakan untuk ngeblog. Jika anda bekerja setiap hari dan libur pada hari Minggu, gunakan waktu luang anda untuk menulis blog. Menulis blog tidak harus setiap hari. Menulis blog seminggu sekali asal konsisten akan mengundang lebih banyak pengunjung blog. Buatlah artikel yang menarik dan mudah dimengerti.

3) Start Writing !

Mulailah menulis ! Jika sudah membuat blog, mulailah menulis apapun yang anda pikirkan. Tulislah sesuai dengan tema blog yang telah ditentukan. Jangan ragu untuk menulis dan jangan takut salah. Belajarlah menulis dengan rajin membaca artikel blog lain, maupun membaca media berita. 

Kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula.

Saya sendiri sebagai blogger pemula sering sekali melakukan kesalahan-kesalahan yang dapat memperburuk kualitas blog. Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan blogger sebagai berikut.

1) Terlalu Sibuk dengan Tampilan BLOG

Ingat ! Jangan lihat buku dari sampulnya. Pahamilah maksud dari peribahasa tersebut. Tampilan blog yang indah tidak menentukan kualitas sebuah blog. 

Gunakan template blog yang simple, namun SEO-Friendly. Jangan terlalu banyak menggunakan widget blog, gonta-ganti template, dan buka pasang widget.

2) Mementingkan Kuantitas daripada Kualitas

Kebiasaan blogger pemula adalah mengisi blognya dengan banyak konten tanpa memperhatikan kualitas dari konten tersebut. Copas artikel sering dilakukan untuk memperbanyak artikel dengan harapan lebih banyak pengunjung.

Padahal hal tersebut hanya akan memperburuk citra blog Anda. Blog anda bisa saja dilaporkan atas penyalah gunakan hak cipta dan mendapat hukuman dari google. Biasakan untuk membuat artikel sendiri yang lebih berkualitas, sedikit tidak masalah asalkan berkualitas.

3) Tidak Konsisten

Anda mulai melakukan kesalahan jika anda tidak konsisten ngeblog. Dari awal sering sekali membuat artikel, setelah lama mulai jarang. Jangan lakukan hal seperti ini, akan lebih baik jika anda konsisten membuat artikel. Tentukanlah apakah anda akan membuat artikel setiap hari atau seminggu sekali atau bisa saja sebulan sekali. Asalkan konsisten.

4) Terlalu Terobsesi dengan Statistik Blog

Jangan membuang-buang waktu dengan hanya mengecek statistick blog Anda. Sebaiknya gunakan waktu tersebut untuk berpikir dan mulai membuat artikel yang bermanfaat. 

Statistik akan berbanding lurus dengan kualitas blog Anda. Fokuslah terhadap konten yang Anda buat, maka pengunjung blog akan datang dengan sendirinya.

Teknik SEO juga berpengaruh terhadap statistik blog, gunakan teknik SEO yang tepat untuk mendapatkan target pengunjung yang Anda inginkan. 

5) Berambisi Mendapatkan Uang Cepat

Tidak ada yang instan di dunia ini. Semua memerlukan proses. Hampir setiap blogger pemula pasti berambisi untuk mendapatkan uang dengan cepat, hingga menggunakan berbagai macam cara. 

Bahkan cara yang melanggar TOS Google seperti jingling dan sebangsanya. Jika anda ingin sukses dari blog, belajarlah untuk bersabar. Karena sekali lagi saya tekankan, “Menjadi Seorang Blogger Menguran Waktu, Pikiran, dan Tenaga”.

Penutup

Demikianlah artikel ini saya buat, saya sendiri sebagai seorang blogger pemula sering sekali melakukan kesalahan-kesalahan diatas. Jadi, anda yang membaca artikel ini. Belajarlah dari kesalahan blogger-blogger sebelumnya. Ingat sobat ! Tidak ada yang instan didunia ini semua perlu proses bahkan untuk menjadi blogger yang sukses.

Subscribe to receive free email updates: