Senin, 06 November 2017

10 Cara Jitu Mencegah Banned Google Adsense

Google Adsense sebagai program PPC ( Pay Per Click ) yang sangat digemari oleh blogger dunia maupun di Indonesia.

Pembayaran Adsense yang cukup tinggi menjadikan Adsense menjadi salah satu peluang bisnis online dengan keuntungan (profit) yang sangat menjanjikan.

Pendaftaran Adsense yang cukup rumit dan memiliki persyaratan yang ketat, sehingga tidak sembarang orang dapat menjadi publisher Adsense. 

Beruntunglah Anda yang telah terdaftar sebagai publisher Adsense, jangan sia-siakan kesempatan Anda untuk mendapat keuntungan yang besar sebagai publisher Adsense.

"BANNED" Merupakan sebuah bencana maha dahsyat yang ditakutkan kalangan publisher Adsense. Apalagi bagi mereka yang telah menghasilkan jutaan rupiah dari Google Adsense.

Banned Google Adsense bisa terjadi di negara mana saja, dan bahkan menurut laporan pelanggar aturan Google Adsense terbanyak adalah dari negara China, Pakistan dan India.

Pada dasarnya tim Google Adsense tidak akan mem-banned jika tidak melanggar peraturan Adsense. Namun kadang tim Google Adsense sering semena-mena dan tidak pandang bulu dalam menon-aktifkan akun seseorang dengan tanpa memberi alasan yang jelas, dan tentu saja itu membuat kesal sekali para publisher.




Lalu, bagaimana cara mencegah agar akun Google Adsense terhindar dari banned ?


1) Haram Hukumnya Klik Iklan Sendiri

Mulai detik ini, Anda harus menghentikan kegiatan Anda untuk klik iklan sendiri. Entah itu karena iseng atau memang Anda sengaja klik iklan sendiri untuk menambah penghasilan.

Algoritma Google Adsense sangat canggih, mereka bisa mendeteksi mana klik iklan yang valid dan tidak valid. Klik iklan sendiri termasuk jenis klik iklan yang tidak valid. 

Sekali atau dua kali mungkin tidak akan langsung dibanned, namun jika keseringan Anda tanggung sendiri akibatnya !

Sudah jelas dalam Kebijakan Program Adsense, bahwa invalid klik dapat menyebabkan banned Google Adsense. 

Dalam kebijakan Program Adsense, kita tidak boleh meng-klik iklan sendiri dan tidak boleh menganjurkan kepada pengunjung blog untuk meng-klik iklan. 


2) Perhatikan Sumber Trafik/Pengunjung Blog

Pengunjung blog juga berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup akun Google Adsense Anda. Perhatikan pengunjung blog Anda, jangan sampai pengunjung blog Anda berasal dari satu jenis media sosial seperti Facebook atau Twitter.

Gunakanlah beberapa sumber misalnya trafik pengunjung dari FB, dicampur dari twitter, dari mesin pencari Google, dari Google Plus, dari Forum-forum, dari iklan berbayar seperti Adwords, dari link di blog lain dll.

Hindari penggunaan auto visitor, resiko menggunakan auto visitor sangat tinggi. Tidak hanya akun Google Adsense yang bisa di-banned, blog Anda bisa saja deindex dari mesin pencari. Tentu saja Anda tidak menginginkan hal ini terjadi, bukan ?


3) Konten Adalah Raja

Ini adalah hal yang sering dilupakan oleh blogger di Indonesia. Perhatikan bagaimana konten blog Anda, buatlah artikel yang rapi dan mudah dimengerti oleh pengunjung blog.

Artikel yang menarik dan berkualitas akan mendatangkan banyak pengunjung blog. Pengalaman pengunjung blog Anda menjadi tolak ukur kualitas artikel Anda.

Semakin baik artikel, semakin banyak pengunjung blog, dan lebih banyak mendatangkan klik iklan Google Adsense yang valid. 

Baca selengkapnya Cara Menulis Artikel Menarik dan Berkualitas


4) Hindari Konten Berhak Cipta

Google adsense sangat melindungi karya setiap orang. Jika  blog Anda berisi konten seperti download lagu, film, aplikasi yang memiliki hak cipta. Maka sudah pasti blog anda tidak bisa dipasangi iklan google adsense.

Bagi publisher adsense pemula, biasanya memasang iklan adsense diblog yang isinya merupakan hasil copy paste dari blog lain.  Kebanyakan mereka merasa aman sebab selama ini artikel mereka tetap di indeks oleh mesin pencari. 

Namun, artikel hasil copy paste memiiliki hak cipta. Hati-hati tercyduk oleh Google Adsense, karena kebijakan Google Adsense menuntut kita untuk membuat artikel murni dan berkualitas. Jika anda tetap melakukan hal ini, siap-siap tercyduk oleh Google Adsense dan akun Adsense Anda akan dibanned.


5) Perhatikan Konten yang Dilarang Google Adsense

Iklan Adsense tidak dapat diletakan di sembarang website. Adsense memikliki kebijakan yang sangat ketat, terutama jenis konten yang ada pada suatu website.

Jadi hindari memasang iklan pada konten website yang telah dilarang oleh Google Adsense. Berikut konten yang dilarang google adsense :

  • Konten vulgar
  • Konten berbahaya atau penghinaan 
  • Narkoba dan konten yang terkait dengan narkoba
  • Konten yang terkait dengan minuman beralkohol
  • Konten yang terkait dengan tembakau
  • Konten yang terkait dengan perawatan kesehatan
  • Konten hacking dan cracking
  • Halaman yang menawarkan program kompensasi
  • Konten yang menyesatkan
  • Konten seputar kekerasan
  • Konten yang terkait dengan senjata
  • Konten yang memungkinkan perilaku tidak jujur
  • Konten ilegal

Jika tidak ingin akun Adsense Anda tercyduk dan dibanned Adsense, Anda harus menghindari memasang iklan pada blog-blog dnegan konten yang telah disebutkan diatas.


6) Hindari Merubah Kode Script Iklan

Kegiatan ini biasa dilakukan oleh programmer yang lebih paham dengan bahasa pemrograman. Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan pendapatan Google Adsense.

Tahukah Anda ? Adsense sangat membenci kegiatan ini, karena dapat merugikan pihak dari Google Adsense. 

Lantas bagaimana dengan parse code ?

Parse Code tidaklah merubah kode iklan, melainkan menerjemahkan kode iklan kedalam bahasa html agar iklan dapat dipasang di blog Anda. 

Salah satu kegiatan parse code adalah ketika Anda mendaftarkan Adsense ke blog untuk pertama kali, dan Anda diminta untuk meletakkan kode iklan dibawah <head>.

Biasanya terjadi error saat meletakkan kode iklan tersebut, Anda melakukan parse code pada kode iklan async mengubahnya menjadi async="async" agar dapat dipasang di blog Anda.


7) Memasang Iklan di Blog Yang Belum di Dukung Adsense

Perhatikan bahasa yang ada pada artikel blog Anda. Tidak semua bahasa yang ada di dunia disetejui oleh Adsense. 

Google AdSense mendukung penayang dalam beberapa bahasa. Permohonan untuk berpartisipasi dalam program dapat diajukan bagi blog dengan artikel dalam bahasa berikut ini.


ArabJermanPortugis
BengaliYunaniRumania
BulgariaIbraniRusia
China (aks. sederhana)HindiSerbia
China (aks. tradisional)HongariaSlowakia
KroasiaIndonesiaSlovenia *
CekoItaliaSpanyol
DenmarkJepangSwedia
BelandaKoreaThai
InggrisLatviaTurki
Estonia *LituaniaUkraina
FilipinaMalaysiaUrdu
FinlandiaNorwegiaVietnam
PrancisPolandia

Harap perhatikan juga bahwa kebijakan program AdSense melarang penempatan kode AdSense pada blog dengan bahasa yang tidak didukung oleh Adsense.


8) Perhatikan Backlink dan Interlink

Jangan memberikan link pada situs-situs ilegal seperti link dari situs porno, situs perjudian, SPAM, dan Phising. Jika Anda sedang membuat link building, pastikan link-link tersebut menuju atau berasal dari situs-situs yang memiliki kredibilitas baik.

Baca Selengkapnya Cara Membangun Link Building Dengan Natural


9) Hindari Penggunaan Software / Tools Otomatis

Buat Anda yang tidak memiliki waktu luang untuk nge-blog, Anda pasti pernah mencoba menggunakan software auto visitor, auto backlink, auto generate content dan software auto-auto lain yang lain yang bertujuan untuk membangun SEO blog.

Ingat ! Black Hat SEO bukanlah hal yang baik, software sebangsa ini tergolong sebagai Black Hat SEO. Google Adsense lebih senang terhadap blog yang membangun SEO secara natural.

Software seperti ini sangat rawan banned Google Adsense, jadi saran saya dari pada Anda membuang-buang uang untuk membeli software yang tidak dijamin kredibilitasnya, lebih baik Anda membangu SEO secara alami.


10) Berdoa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Cara ini adalah cara utama yang harus Anda lakukan setelah menerapkan langkah-langkah diatas. Senantiasa mengingat dan mendekatkan diri kepada Tuhan, agar Tuhan selalu memberikan keberkahan kepada kita.

Dalam islam, kita diajarkan untuk ikhtiar, berdo'a, dan bertawakal. Kita telah berikhtiar dengan mencoba semua tips diatas agar Google Adsense kita tidak dibanned. Kemudian kita berdo'a kedapa Tuhan agar Google Adsense kita tidak dibanned. Lalu, kita bertawakal menyerahkan semua hasilnya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sekian penjelasan yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila terdapat kekurangan.
Silahkan berkomentar di bawah untuk bertanya, dan berdiskusi bersama admin