Cara Meningkatkan Pendapatan Adsense

Hampir semua blogger di Indonesia mengeluhkan sedikitnya pendapatan yang didapatkan dari Adsense. Terlebih lagi pada fase awal merintis adsense, pendapatan yang didapatkan relatif kecil dan sedikit. Fenomena seperti ini bukanlah hal baru dalam dunia blogging khususnya di Indonesia. Faktanya, pendapatan Adsense di Indonesia memang relatif kecil dibandingkan pendapatan Adsense blog bule. Mengapa pendapatan adsense di Indonesia relatif kecil ?

Nilai Tukar Rupiah Relatif Rendah

Saya rasa Anda semua setuju bahwa nilai tukar rupiah khususnya terhadap dollar Amerika cenderung rendah. Nilai tukar rupiah yang rendah berpengaruh terhadap nilai jual barang dan jasa yang ada di Indonesia. Jadi, bisa dibilang biaya hidup di Indonesia bagi bule tergolong murah.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu heran mengapa pendapatan Adsense di Indonesia relatif rendah. Kita bisa membuat perbandingan antara biaya promosi Adwords di Amerika dan di Indonesia. Melakukan promosi iklan Adwords di Amerika memerlukan biaya yang tidak sedikit. Hal ini juga berdampak pada Adsense di Amerika yang tentu pendapatannya lebih tinggi menyesuaikan dengan harga promosi iklan Adwords. Begitu pula sebaliknya, di Indonesia promosi iklan Adwords cenderung murah yang tentu berdampak pada pendapatan Adsense di Indonesia.

Penduduk Indonesia Jarang Melakukan Transaksi

Penduduk di Indonesia bisa dibilang jarang melakukan transaksi melalui iklan-iklan Adsense. Hal ini termasuk faktor yang menyebabkan pendapatan Adsense di Indonesia termasuk murah. 

Begini saja, coba pikirkan untuk apa orang berpromosi di Adwords? Tentunya untuk memperkenalkan produk mereka kepada pengunjung dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan atau keuntungan bukan ! Tapi, apabila kenyataan yang terjadi tidak sesuai tujuan, maka orang-orang yang berpromosi itu pun akan mengalami kerugian sehingga tidak berniat berpromosi di Adwords lagi. Sedikit demi sedikit dan perlahan namun pasti, itu sama saja akan merugikan Google dan para penerbit Adsense Indonesia. Akibatnya, berdampak pada penghasilan adsense yang cenderung rendah.

Cara Meningkatkan Pendapatan Adsense

Hanya karena pendapatan adsense di Indonesia yang relatif rendah lalu blogger di Indonesia tidak bisa sukses ? Tentu saja tidak, ingatlah kata pepatah :

"Tidak Ada Rotan Akar Pun Jadi"

Tentu saja terdapat banyak cara yang dapat kita lakukan agar pendapatan Adsense kita meningkat, meskipun nilai tukar rupiah yang rendah. Bagaimana cara mudah untuk meningkatkan pendapatan Adsens ? Berikut ulasannya

Membuat Niche Blog dan Artikel Relevan

Ini adalah poin utama dan faktor terpenting menurut saya. Banyak para master yang menyarankan untuk menentukan niche sebelum membuat blog. Hal itu bertujuan agar blogger bisa lebih terarah dalam membuat konten artikel.

Maksud terarah disini adalah blogger maupun penulis bisa menulis artikel yang sesuai dengan niche serta relevan atau sesuai dengan iklan. Dengan membuat artikel yang relevan, secara otomatis akan membuat blog beserta artikel yang ada didalamnya jadi memiliki nilai jual.

Dengan demikian, pengunjung tidak hanya tertarik untuk mengklik iklan, tetapi juga mau melakukan transaksi melalui link iklan tersebut, karena iklannya memang sesuai dengan apa yang sedang ia cari di artikel blog tersebut.

Apabila blog Anda mampu menarik banyak pengunjung untuk melakukan transaksi lewat iklan yang ia klik maka Google Adsense akan memberikan nilai plus buat blog Anda sehingga iklan yang tampil pun dihargai mahal. Kendati demikian, sesuaikanlah niche blog Anda dengan kemampuan yang Anda kuasai.

Misalnya, anda mempunyai hobi traveling dan jalan-jalan dan anda membuat blog tentang foto-foto saat anda traveling. Otomatis iklan yang tampil pun menyesuaikan dengan artikel yang anda buat, seperti iklan booking hotel dan pesawat, ataupun iklan tentang lokasi-lokasi favorit untuk traveling. Ingat ! Iklan adsense menyesuaikan dengan artikel dan perilaku pengunjung Anda.

Sayangnya hal seperti itu tidak akan terjadi jika Anda salah memilih niche, misalnya niche gado-gado. Loh bukannya itu bagus, bukankah iklannya jadi lebih beragam? Salah besar jika Anda mengira seperti itu, soalnya dalam mendaftar Adsense sendiri kita diharuskan untuk memberitahu apa niche blog kita.

Atur Posisi Iklan

Posisi iklan juga berpengaruh atas besar atau kecilnya pendapatan. Aturlah dan tempatkan iklan yang sekiranya terlihat nyaman dan bersahabat serta sangat terjangkau bagi pengunjung. Perhatikan juga penampilan iklan untuk versi desktop dan mobile.

Apabila penampilan iklan kurang baik diperangkat mobile, maka segera perbaiki dan begitu juga sebaliknya. Selain itu, jangan lupa untuk senantiasa pantau tampilan dan performa iklan Adsense blog Anda.

Meningkatkan Traffik/Pengunjung Blog

Semakin banyak pengunjung tentu peluang orang untuk klik iklan Anda semakin besar. Tingkatkan kualitas SEO blog Anda untuk meningkatkan pengunjung blog. Perhatikan juga dari mana asal pengunjung blog Anda. Akan lebih baik apabila pengunjung blog Anda organik atau berasal dari pencarian Google. Pengunjung blog yang berasal dari media sosial apalagi pengunjung dalam jumlah besar, sering dianggap SPAM oleh google. Hal ini terkadang menyebabkan penghasilan blog Anda dikurangi oleh Adsense.

Perhatikan Desain Blog/Template

Template dengan lebar 1000 piksel atau lebih kecil akan mempersempit dan memfokuskan area pandang pengunjung blog anda. Jadi, ketika ada iklan di samping konten, perhatian mereka hanya terbagi pada konten dan iklan, tidak pada elemen lain sehingga lebih mungkin untuk melakukan klik pada iklan tersebut.

Kemudian, pastikan background template Anda berwarna putih. Alasan desain Anda harus didominasi warna putih, adalah jika ada iklan Adsense yang tidak berwarna putih, maka iklan Adsense tersebut akan lebih menonjol dan mendapat perhatian lebih oleh pengunjung blog Anda.

Penutup

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan pendapatan Adsense. Langkah-langkah diatas dapat berfungsi hanya apabila anda melakukannya dengan rajin dan tekun. Teruslah berusaha dan jangan pernah menyerah untuk meraih kesuksesan Anda. Sekian dan Terima Kasih.

Subscribe to receive free email updates: